Muhammad Ansori

Muhammad Ansori akrab disapa Aan, lahir di Klaten pada Kamis Wage, 30 Desember 1979 dan tinggal di Girimulyo 18/10, Tibayan, Jatinom, Klaten. Aan menempuh pendidikan di SD Negeri Tibayan 1, SMP Negeri 2 Jatinom, SMA Muhammadiyah 1 Klaten, dan tahun 1997 melanjutkan Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Surakarta (waktu itu masih bernama STAIN Walisongo Surakarta).

Di IAIN Surakarta Aan mulai bergulat dengan berbagai aktivitas organisasi, menulis, dan berjejaring melalui kegiatan intra kampus seperti Teater Sirat, Forum Mahasiswa Filsafat, Forum Mahasiswa Demokrasi, UKM Musik GAS-21, hingga HMI Surakarta. Aan juga sempat menjadi Sekretaris Jenderal Badan Eksekutif Mahasiswa STAIN Surakarta. Sejak Kuliah, Aan aktif menulis seputar isu pendidikan, kebudayaan politik, dan keagamaan.

Lulus dari IAIN, Aan sempat mengajar di sekolah swasta di Klaten dan menjadi karyawan di IAIN Surakarta bidang hubungan masyarakat, serta mengelola website IAIN Surakarta. Bersamaan itu, Aan melanjutkan kuliah Filsafat di salah satu universitas swasta Surakarta, namun terkendala faktor ekonomi.

Dalam proses kehidupan keluarga, Aan menikah dengan Sri Rahayu dan dikaruniai lima anak. Seorang meninggal sejak dalam kandungan, dan satu lagi meninggal setelah kelahiran. Tiga anak yang kini membersamai kehidupan Aan bernama Vakfi Naharitaua, Jagaddhita Zaiyanitaua, dan Sadaa Jacinthtaua.

Kini Aan sibuk membesarkan Paguyuban sekaligus Sanggar Sayuk Rukun, Pasinaon Sasono Sunu di Klaten. Aan juga masih terlibat aktif di berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, pelestarian alam, serta event seni budaya, di antaranya Gora Swara Nusantara, Pisungsung Pertiwi, Festival mBok Sri Mulih, Pesona Lompya Duleg, dan sebagainya.

Scroll to Top